Project Progress Update 10/01/2020

Halo teman-teman semuanya!

Disini saya ingin memberikan kabar mengenai perkembangan dari proyek terjemahan ini serta sedikit kabar buruk yang sedang kami hadapi.

Pertama mengenai perkembangan dari proyek terjemahan ini dulu ya. Di bagian UI dan video sudah hampir selesai saya terjemahkan dan diedit, hanya tinggal beberapa bagian lagi dan selanjutnya saya serahkan ke XZem. Untuk teks di dalam visual novelnya sendiri telah 93,6% script yang ditranslasi. Di bagian text editing, sekitar 15% dari 20% script yang diberikan oleh Shizurin telah saya selesaikan dan saya menunggu bagian script selanjutnya yang akan diserahkan oleh translator kami untuk saya edit sekaligus.

Selanjutnya mengenai kabar buruk yang kami hadapi sekarang. 11 hari yang lalu Shizurin sempat memberitahu saya bahwa beliau terkena Covid-19 dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit. Satu minggu setelahnya, 27 September 2020, saya kehilangan kontak dengan beliau. Dari Discord, Line, hingga Whatsapp pribadi beliau sampai saat ini masih belum dibalas, dibaca, ataupun status pesannya menjadi terkirim. Hal yang sama juga terjadi pada XZem. Pada bulan agustus kemarin, kami masih sering bercanda ria bersama, namun memasuki bulan september XZem tidak pernah aktif lagi sehingga hanya tinggal saya dan Shizurin saja.

Jujur saja, melihat keadaan staff kami saat ini sangat membuat saya terpukul sekali. Kami yang sudah lama mengerjakan project lain dan memulai project translasi visual novel pertama ini bersama, tetapi karena suatu hal kami jadi kehilangan kontak dan tiba-tiba hilang tanpa kabar.

Ingat di post sebelumnya sempat saya sebutkan bahwa project ini dilanjutkan kembali pada bulan Maret? 3 bulan setelahnya, yakni bulan Juni, Shizurin mulai melanjutkan mentranslasi script visual novel ini dari yang sebelumnya 60% (yang ditinggalkan oleh translator lama kami) hingga 82%. Dalam waktu kurang dari 2 bulan beliau sudah mentranslasi 22% dari total keseluruhan script. Dari 21 Agustus dimana post dan pengumuman pertama kami dibuat hingga 20 September saat terakhir kali beliau mengabari saya mengenai keadaannya, ada sekitar 11,6% script yang sudah ditranslasi dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. Dari teks yang diberikan oleh Shizurin untuk saya edit, bisa dibilang jumlah teksnya sangat banyak sekali. Oleh karena itu saya sangat kagum terhadap beliau.

Begitupun dengan XZem. Dulu saya bertemu dengan beliau di salah satu forum dan di setiap kesempatan selalu membantu saya menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan IT. Visual novel yang kami translasi ini berdasarkan versi originalnya, jadi engine yang digunakan bukan engine yang sering dipakai sehingga tools yang beredar di internet bisa dibilang sangat terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali. Meskipun begitu, XZem tetap dapat mengakalinya dan berhasil mengubah teks, UI, Opening video, dan CG. CG baru dan tambahan yang ada pada versi switch berhasil beliau ekstrak dan mengimplementasikannya kembali ke dalam visual novel versi jp yang kami translasi. Sungguh betapa hebatnya beliau di mata saya.

Amat sangat menyakitkan rasanya jika kami kehilangan staff handal dan memiliki dedikasi yang tinggi seperti mereka. Oleh karena itu, saya sebagai project leader dari grup translasi ini memohon kepada teman-teman yang membaca postingan ini, agar dapat menyisihkan waktunya sebentar untuk mendoakan Shizurin agar segera diberi kesembuhan dan segala masalah yang dialami oleh XZem dapat dengan cepat terselesaikan.

Terimakasih atas doa teman-teman semua, saya yang bekerja di bagian QC dan editing akan terus berusaha menyelesaikan bagian saya agar project ini dapat cepat diselesaikan.

Sampai berjumpa lagi di post selanjutnya!

2 comments

  1. Aldo · Juli 12, 2022

    Halo, bagaimana progress terjemahannya? Sudah sekitar 2 tahun, semoga bisa selesai ya

    Suka

  2. Admiral_Mikan · Juni 5

    Sudah Juni 2023, apakah ada kabar terbaru?

    Suka

Tinggalkan komentar